SELAMAT DATANG DI BLOG KERJAAN SAYA...! Semoga Blog ini bermamfaat buat kita semua...! AMIN. Oh iya jangan lupa di LIKE FB dan REVIEW OK.. MAKASIH... Regard's

Kamis, 13 September 2012

Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung


Waktu itu hari selasa 1minggu sebelum bulan ramadhan 2012. tanpa terasa waktu menjelang sore hari dan akupun bersiap-siap untuk pulang kerja dan berhayal tentang anaku yang imut-imut.. hehee
tanpa disadari keringat dingin bercucuran di sekujur tubuhku.. selang berapa lama aku merasakan kepala ku mulai pusing dan badan terasa panas yg cukup hebat,  karena merasa biasa saja maka aku hanya minum obat warung yang dibelikan istriku tercinta.. sik asikk..( Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

Setelah makan akupun tidak lama minum obat .. dan akukun tertidul 30 menit kemudian, selang 3 jam aku terbangun dan aku merasakan panas tubuhku makin tinggi dan itu berlanjut selama 4 hari. Akupun dibawa  kerumamah sakit terdekat dan diberi obat sakit kepala dan penurun panas jg antibiotik dan beberapa obat yg lain yang aku kurang tau itu.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

selang beberapa hari setelah obat tersebut habis panas dan pusing kepala juga di tambah sakit dan pegel pegel dibadan makin menjadi, kondisi badankupun makin menurun, untuk berjalan ke kamar kecil saja aku hampir tidak kuat. Akhirnya akupun dibawa ke klinik terdekat dan kali ini aku di cek darah, ternyata aku di vonis tifus oleh dokter klik tersebut dan aku dibekali obat yg cukup banyak kurang lebih untuk 7 hari kedepan x 7 jenis obat x 3x makn setiap hari sesudah makn... Haddduuuhhhh..

waktu berlalu 7 hari kemudian dan keadaankupun masih sama.. aku dianjurkan oleh beberapa orang tua dan teman-temanku untuk makan obat tradisional dan salah satunya obat alami yaitu CACING KALUNG.

Sungguh mencengangkan selang 3 hari setelah aku mengkonsumsi cacing kalung badanku sangat ringan dan terasa enak tenagaku mulai pulih dan akupun merasa mulai sehat kembali.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

Cacing kalung atau dalam bahasa ilmiahnya Pheretima aspergillu, telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia tentang keampuhannya menyembuhkan penyaki Tifus.
Dari 1800 spesies cacing (piogama.ugm.ac.id), hanya dua spesies cacing yang sering dijadikan obat tradisional, Yaitu Cacing Eropa atau Introduksi (Lumbricus rubellus) dan Cacing Kalung atau Long(Pheretima aspergillum).
Dalam kasus penyakit tifus, ekstrak cacing tanah bisa bekerja dari dua sisi, yaitu membunuh bakteri penyebabnya sekaligus menurunkan demamnya.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

Lalu apa yang menyebabkan kita terkena dengan penyakit tifus?
Tifus adalah suatu penyakit infeksi bakterial akut yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi. Di Indonesia penderita tifus atau disebut juga demam tifoid cukup banyak, tersebar di mana-mana, ditemukan hampir sepanjang tahun, dan paling sering diderita oleh anak berumur 5 sampai 9 tahun. Kurangnya pemeliharaan kebersihan merupakan penyebab paling sering timbulnya penyakit tifus. Pola makan yang tidak teratur dan menyantap makanan yang kurang bersih dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

Bakteri Tifoid ini dapat ditemukan di dalam tinja & air kencing, untuk melihatnya tentu saja harus memakai mikroskop karena bakteri tidak dapat dilihat langsung dengan mata kita.
Makanya kita dianjurkan untuk mencuci tangan sampai bersih sebelum makan, karena bisa saja tangan kita penuh dengan bakteri tifoid ini. Selain kita sendiri yang dapat menyebarkan bakteri ini, ada faktor lain yang dapat mengantarkan bakteri ini masuk kedalam pencernaan kita, siapa lagi kalo bukan “si lalat nakal”. Lalat adalah serangga yang menyukai tempat kotor dan bersih, kita lihat saja disekeliling kita mungkin ada satu atau dua lalat yang lewat didepan mata kita.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

Bagaimana lalat ini dapat menyebarkan bakteri tifoid?, setelah lalat hinggap di atas tinja atau tempat kotor lalu hinggap di atas makanan kita. Kita makan makanan yang telah berisi bakteri tifoid, maka masuklah bakteri tersebut kedalam pencernaan kita dan mulai melakukan serangan terhadap pertahan tubuh kita. Mungkin saja bakteri ini hancur dalam perjalanannya karena pertahanan tubuh kita kuat, namun apabila pertahanan tubuh kita sedang down maka terseranglah kita dengan yang namanya penyakit tifus.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

Bagaimana gejala awal Penyakit Tifus?
Gejala penyakit ini datang secara bertahap, 1-2 minggu biasanya penderita merasakan sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, demam,  penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Ada juga sebagian penderita merasakan sakit ketika kencing, batuk atau keluar darah dari hidung. Segeralah berobat apabila sudah mengalami gejala diatas, atau segera minum ramuan cacing kalung buatan sendiri.
Hati-hati apabila tidak segera diobati, takut-takutnya terjadi komplikasi yang dapat menyebabkan penderita meninggal. Banyak penderita yang mengalami perdarahan usus. Biasanya perdarahan terjadi pada minggu ketiga, nyeri perut yang hebat karena isi usus menginfeksi ronga perut (peritonitis). Pneumonia bisa terjadi pada minggu kedua atau ketiga dan biasanya terjadi akibat infeksi pneumokokus (meskipun bakteri tifoid juga bisa menyebabkan (pneumonia), Infeksi kandung kemih dan hati, Infeksi darah (bakteremia) kadang menyebabkan terjadinya infeksi tulang (osteomielitis), infeksi katup jantung (endokarditis), infeksi selaput otak (meningitis), infeksi ginjal (glomerulitis) atau infeksi saluran kemih-kelamin. Pada sekitar 10% kasus yang tidak diobati, gejala-gejala infeksi awal kembali timbul dalam waktu 2 minggu setelah demam mereda.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

Bagaimana cara mengobatinya?
Kalau untuk obatnya, silahkan tanyakan kepada doktor spesialis yang menangani kasus tifus, saya hanya akan memberikan sedikit tips bagaimana membuat ramuan dengan bahan dasar cacing kalung.
Bahan per ½ gelas atau 100cc:
  1. Cacing kalung (bisa dicari di tanah yang lembab) 5 ekor.
  2. Telur ayam kampung/telur bebek 1 biji,
  3. Madu 2 Sendok Makan
  4. Pegagan (Antanan) secukupnya.
Pengolahan:
  1. Cuci cacing kalung sampai bersih, buang kotorannya sehingga yang tersisa hanya kulitnya saja. Blender sampai halus dengan Pegagan kalau perlu dikasih air sedikit saja hanya untuk membantu ketika proses blender. Kalau nggak punya blender di tumbuk saja sampai halus atau pinjem tetangga.:)
  2. Untuk telur ayam/bebek, ambil hanya kuning telurnya saja, kocok sampai keliatan membusa, ketika di kocok masukan cacing campur pegagan yang telah halus tadi, lalu tambahkan juga madu, tambah air hangat sedikit.
Manfaat:
-           Cacing kalung; untuk membunuh bakteri tifoid dan menurunkan panas
-          Telur; berisi protein untuk menambah tenaga
-          Madu; berisi banyak vitamin untuk memperkuat pertahanan tubuh
-          Antanan; menghangatkan tubuh.

Selamat makan cacing kalung ya buat yang lagi terserang penyakit TIFUS.. Semoga lekas sembuh AMIN.Manfaat ( khasiat ) Cacing kalung )

2 komentar:

Hao Dinh Thi mengatakan...

sweet i love Kpop Updates

parfum-ori mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Parfum Ori
Manfaat Parfum.

----------