SELAMAT DATANG DI BLOG KERJAAN SAYA...! Semoga Blog ini bermamfaat buat kita semua...! AMIN. Oh iya jangan lupa di LIKE FB dan REVIEW OK.. MAKASIH... Regard's

Minggu, 09 September 2012

KIAT MENDAPATKAN KPR


Berikut ini saya ingin berbagai kpd rekan-rekan pembaca bagaimana cara sukses negosiasi membeli rumah dg KPR Syariah IB,  semoga bermanfaat.

Kiat KPR
1. Jangan Pernah Terburu-buru atau Terbawa Emosi
Setiap kali Anda ingin membeli sebuah property jangan sekali- kali Anda terburu-buru atau terbawa emosi, seperti jatuh cinta kpd property tsb. Karena kalau Anda melakukan hal itu Anda akan mendapatkan harga jual property tsb kemahalan atau dengan kata lain harga jualnya tidak menguntungkan buat Anda.

2.Jangan terpengaruh oleh Penjual atau Broker, coba cari harga rumah pembanding di lokasi yang sama.

Biasanya penjual atau broker akan berusaha mempengaruhi si pembeli dg berbagai cara agar Anda cepat-cepat membeli rumah yang ditawarkan.  Anda apabila sebagai pembeli property berusahalah agar tidak terpengaruh dg segala perkataan pihak penjual / broker,  berusahalah utk tenang dg tdk langsung melakukan penawaran terlebih dahulu. Lakukanlah pengecekan harga pasar rumah tsb di daerah sekitaranya.

3.Lakukan Penawaran lebih rendah dari harga transaksi yang diinginkan.

Setelah Anda mendapatkan informasi harga property pembanding di lokasi sekitar property yg akan dibeli.  Anda bisa mengajukan penawaran atas property tsb, berikan harga yg lebih rendah dari harga transaksi yg penjual inginkan. Walaupun mungkin harga rumah yg ditawarkan sudah sama dg harga pasar rumah disekitarnya.

4.Lakukan Penawaran agar Pajak Penjualan ditanggung pihak penjual

Sering terjadi karena ketidak tahuan mengenai peraturan perundangan pajak yang baru perihal pajak jual beli rumah yakni  5% penjual  dan 5% pembeli.  Dan angka pajak yg dibayarkan cukup besar transaksi pembelian rumah menjadi batal.  Oleh karena itu Anda harus mengusahakan agar pajak penjual sebesar 5% ditanggung oleh pihak penjual untuk meringankan pembayaran pajak yang Anda tanggung. Bila penjualnya maunya harga penjualan property bersih tdk bersedia dipotong pajak maka Anda harus kembali melakukan penawaran harga property tsb seperti pada point 3 di atas.

5.Berusaha Melakukan Penawaran Tanpa Memberikan DP.

Mengingat sebagian besar dana untuk pembelian property tsb adalah dari KPR Bank Syariah,  Anda jangan memberikan DP terlebih dahulu sebelum ada surat prinsip persetujuan KPR dari Bank Syariah tempat Anda mengajukan KPR Syariah. Andaikan penjualnya memaksa langsung meminta DP, usahakan agar DP yg diberikan tsb sekecil mungkin.

6. Meminta Tenggang Waktu Pembayaran

Mengingat sebagian besar dana untuk membeli property adalah dari KPR Syariah, setelah harga disepakati. Mintalah kepada pihak penjual tenggang waktu pembayaran , jelaskan kepada pihak penjual karena pembayaran pembelian property tsb adalah melaui proses KPR Syariah.  Dan proses pencairan dana KPR Syariah membutuhkan waktu sekitar 2 minggu – 1bulan.

dan juga Berikut ini ada tambahan yang penting untuk di perhatikan adalah tips untuk memperbesar kemungkinan aplikasi KPR disetujui bank. Tips ini dikutip dari berbagai sumber yang saya simpulkan…

Tips sederhana dalam membeli rumah adalah sesuaikan dengan 3K–Keinginan, Kebutuhan dan Kemampuan. Meski ketiganya kadang sering berlawanan arah. Dan cara membeli rumah yang paling umum adalah dengan KPR. Namun masih banyak orang yang begitu awam tentang dunia KPR. Kali ini saya mencoba menyusunnya dengan bahasa yang lebih mudah dipahami dengan harapan makin banyak orang yang mampu memiliki rumah.



Syarat pertama adalah Cash Flow (CF) alias penghasilan.
 Penghasilan bisa berupa gaji atau dari bisnis.
 Sayangnya, satu syarat ini belum bisa bikin GOL KPR. Ada lagi tambahannya.
 Anda musti punya rekening tabungan. Buat apa? Buat membuktikan kalau anda punya CF.
Kalau  belum punya? Ya bikin! Anggap saja Bank itu SEKRETARIS anda. Sekretaris yang digaji kurang lebih 15ribu tiap bulan.
Buat membuktikannya, rekening tabungan harus rutin ada CF 3-7 bulan.
Bukti Sumber Cash Flow itu syarat berikutnya. Bentuknya slip gaji kalau anda gajian.
Ataw laporan keuangan kalau anda entrepreneur.
Khususnya laporan keuangan, anda harus menyiapkan 2 tahun masa tabungan.
Khusus slip gaji, anda perlu dukungan surat keterangan kerja dari kantor.
NPWP! Apa tuh? Nomor Pokok Wajib Pajak. jika belum punya, gampang kok. Datang ke KPP setempat. Gratis!
Pastikan kalau anda bukan anggota BLBI. Apa tuh BLBI? Black List Bank Indonesia.
Kalau anda pernah kredit di bank, trus tidak lancar lebih dari 2 bulan berturut-turut, otomatis anda masuk BLBI.
Kalau sudah masuk gimana? Bersihinnya susah!
Kalau syarat2 itu sudah siap, tinggal tambahkan foto kopi KTP anda + KTP suami atau istri + surat nikah dan kartu keluarga.
Nah ini saran yang penting buat anda. Ajukan aplikasi persyaratan ke beberapa bank. Paling tidak 3 bank!
Kenapa harus beberapa bank? Karena prosesor bank juga manusia. Dan tiap manusia punya subyektifitas sendiri2.
Makin banyak bank gimana? | Makin bagus! Karena makin banyak silaturahimnya :d
Kalau alergi sama bunga bank, silahkan menggunakan bank syariah.
Kalau ke Bank selain syarat dari anda, jangan lupa syarat dari rumahnya. Seperti fotokopi sertifikat, pbb, imb, ktp pemilik.
Kapan diajukannya? Ajukan di minggu ketiga sampai keempat. Biasanya pada kejar target tuh :d
Bulan Desember biasanya susah tuh dapet kredit. Mending tunda di Januari. Bulan desember pada siap2 tutup buku.
Nah yang paling penting agar #99KPRDisetujui adalah BERDOA sama TUHAN agar dikabulkan permohonan KPRnya.
Selamat Membeli Property Melalui KPR.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat malam. Mau nanya tentang KPR promo. Begini ceritanya.

Saya kmrn dapet perumahan baru yg lagi promo akhir tahun, hanya sampai tgl 16 des 2012. Jadi dengan DP 5jt sdh bisa akad kredit dgn BJB. Pada saat akad kredit itu ada biaya akad 14.250.000. Biaya ini akan ditanggung developer dulu. Biaya ini sdh termasuk cicilan pertama. Nanti dikasih waktu 3 bulan untuk melunasi.

Yang saya tanyakan.. Apakah benar nanti saya tidak disuruh bayar lagi DP sebesar 30% seperti ketentuan BI? Takutnya nanti 3 bulan kemudian saya dipersulit dan harus bayar 30% lagi..

Oh iya harga rumah 290jt. Tertulis DP 5jt, KPR 285jt.

Gimana ya gan biar saya yakin hanya ssegitu biayanya..

Unknown mengatakan...

sudah di balas via email ya gan.. semoga jawaban yang saya berikan bisa meyakinkan agan dalam memilih KPR..